Breaking

Monday, 9 October 2017

sillabus bahasa inggris kelas x, xi, xii kurtilas rev 17

SILABUS NAMA SEKOLAH : SMK MAARIF NU MARGASARI MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS KELAS / SEMESTER : X / 1-2 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN ALOKASI WAKTU : 108 JP X 45 MENIT KOMPETENSI INTI : KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. KI 4 : Melaksanakan tugas spesifik denganmenggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian bahasaInggris. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN) KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN) MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR 3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive) 4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya. Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespons pemaparan jati diri Fungsi sosial Menjalin hubungan dengan guru, teman dan orang lain Ungkapan My name is... I’m ... I live in ... I have … I like …. dan semacamnya Unsur kebahasaan: (1) Kata terkait dengan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan, hobi. (2) Kata kerja dalam simple present tense: be, have dalam simple present tense (3) Kata tanya What? Who? Which? (4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi (5) Rujukan kata Topik Keteladanan tentang perilaku terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian. Mengamati • Siswa mendengarkan/membaca pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya. • Siswa mencoba menirukan pengucapannyadan menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan. Menanya • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia. • Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang memaparkan jati diri Mengeksplorasi • Siswa mencari beberapa teks pemaparan jati diri dari berbagai sumber. • Siswa berlatih memaparkan jati diri dengan teman melalui simulasi. • Siswa berlatih memaparkan jati diri melalui tulisan Mengasosiasi • Siswa menganalisis ungkapan memaparkan jati diri dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan. • Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok. Mengomunikasikan • Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks • Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal). Kriteria penilaian: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teksmemaparkan dan menanyakan jati diri • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian KINERJA (praktik) • Melakukan monolog yang menyebutkan jati diri didepan kelas • Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan jati diri observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan Portofolio • Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman penggunaan ungkapan dan skrip percakapan • Kumpulan hasil tes dan latihan. • Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya. Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain 9 1. Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013 2. Geet along 3. English for SMK 4. LKS MgMp 5. Internet 6. Cd listening 3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Teks lisan dan tulis untuk memuji bersayap (extended) serta responsnya Fungsi sosial Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain. Ungkapan “Excellent! You really did it well, Tina.” “That’s nice, Anisa. I really like it.” “It was great. I like it, thank you,” Unsur kebahasaan: Ucapan, tekanan kata, intonasi Mengamati • Siswa mendengarkan/menonton interaksi memuji bersayap. • Siswa mengikuti interaksi memuji bersayap. • Siswa menirukan model interaksi memuji bersayap • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi memuji bersayap (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). Menanya Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan memuji bersayap dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. Mengeksplorasi Siswa memuji bersayap dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. Mengasosiasi • Siswa membandingkan ungkapan memuji bersayap yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain. • Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa. Mengomunikasikan • Siswa memuji dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. • Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal). KRITERIA PENILAIAN: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teksmemuji bersayap • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian CARA PENILAIAN: KINERJA (praktik) • Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan pujian dan responsnya . • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan pujian serta responnya observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pujian dan responsnya ketika muncul kesempatan. • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan. • Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan Komunikasi 6  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet  Cd listening 3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to) 4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya. Teks lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian (care) Fungsi sosial Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain. Ungkapan Ungkapan untuk memberi perhatian dan cara meresponsnya: You look pale . Are you OK? Not, really. I’ve got a headache. Unsur kebahasaan: Ucapan, tekanan kata, intonasi Mengamati • Siswa mendengarkan/menonton interaksi menunjukkan perhatian. • Siswa mengikuti interaksi menunjukkan perhatian. • Siswa menirukan model interaksi menunjukkan perhatian. • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukkan perhatian. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). Menanya Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menunjukan perhatian dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. Mengeksplorasi Siswa menunjukan perhatiandengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. Mengasosiasi • Siswa membandingkan ungkapan menunjukan perhatian yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain. • Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa. Mengomunikasikan • Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. • Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan perhatian dalam jurnal belajar (learning journal). KRITERIA PENILAIAN: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teksmenunjukkan perhatian • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian CARA PENILAIAN: KINERJA (praktik) • Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan untuk menunjukkan perhatian • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan ungkapan untuk menunjukkan perhatian observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukkan perhatian (care) ketika muncul kesempatan. • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan. • Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan Komunikasi 6  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet 1. Cd listening 3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.4 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks Teks lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu Fungsi Sosial Menyatakan rencana Struktur Teks ‘I’d like to tell my name,’ I will tell him about my job, I’m going to introduce my friend Unsur Kebahasaan Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to ...; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi. Mengamati • Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimatmenyatakan dan menanyakantentang niat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks • Siswa mengikuti interaksi tentang pernyataan dan pertanyaan tentang menyatakan dan menanyakantentang niat melakukan sesuatu dengan bimbingan guru • Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu • Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mengidentifikasi ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu Mempertanyakan Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakantentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb. Mengekslorasi • Siswa menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam konteks simulasi, role-play dan kegiatan lain yang terstuktur • Siswa berusaha menyatakan dan bertanya tentang niat melakukan sesuatu Mengasosiasi • Siswa membandingkan antara ungkapan niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari dengan yang ada dari berbagai sumber lain. • Siswa membandingkan ungkapanmenyatakan dan menanyakantentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa inggris dan dalam bahasa Indonesia Mengomunikasikan • Siswa menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris didalam dan diluar kelas • Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar (learning journal) Kriteria penilaian: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teks pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian Cara Penilaian: observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Upaya menggunakan Bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatuketika muncul kesempatan. • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan • Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi 12  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet Cd listening 3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.5 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan meresponsucapan selamat bersayap (extended) Fungsi Sosial Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain. Struktur text Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik. Unsur kebahasaan (1) Kata dan tata bahasa baku (2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi. (3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan Topik Keteladanan tentang perilaku peduli dan cinta damai. Mengamati • Siswa memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari berbagai sumber (a.l. film, tape, surat kabar, majalah). • Siswa membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar. • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). Menanya • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pesan yang berisi ucapan selamat dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. Mengeksplorasi • Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber • Siswa bergantian membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat • Siswa mengucapkan dan merespons ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru. Mengasosiasi • Siswa membandingkan berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya. • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalamkerja kelompok. Mengomunikasikan • Siswa berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback. • Siswa membuat kartu ucapan selamat • Siswa memperoleh feedback dari guru dan teman sejawat Kriteria penilaian: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teks ucapan selamat bersayap • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian Cara Penilaian: KINERJA (praktik) • Melakukan role-play(bermain peran) menggunakan ungkapan berbentuk pesan berisi ucapan selamat serta responnya dalam situasi nyata • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan ucapan selamat bersayap serta responnya observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi • Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi ucapan selamat • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan Portofolio • Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog. • Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks ucapan selamat berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi • Kumpulan hasil tes dan latihan. 6  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet Cd listening 3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense) 4.6 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan unsur dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks Tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya (Past Simple dan Present Perfect Tense) Fungsi sosial Menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya Struktur teks I hollered farewells to my friends and poured myself into the car My friend has prepared everything before we left Unsur kebahasaan (1) Past Simple, Present Perfect (2) Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi. Topik Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas. Mengamati • Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat Past Simple dan Present perfect tense, dalam berbagai konteks. • Siswa berinteraksi menggunakan kalimat Past Simple dan Present perfect tense selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru. • Siswa menirukan contoh-contoh kalimat PastSimple dan Present Perfect tense, • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat PastSimple dan Present Perfect tense, (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). Menanya Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai past simple dan present perfect yang ada dalam bahasa Inggris, dan perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia. Mengeksplorasi • Siswa menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. • Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran. Mengasosiasi • Siswa membandingkan kalimat PastSimple dan Present Perfect tense yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya. • Siswa membandingkan antara kalimat PastSimple dan Present Perfect tense dalam bahasa Inggris dengan kalimat tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia. Mengomunikasikan • Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. • Siswa menuliskan dalam jurnal belajarnya permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya. Kriteria penilaian: • Pencapaian fungsi sosial • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kelengkapan dan keruntutan struktur teks • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian Cara Penilaian: observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi • Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan Portofolio • Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar • Kumpulan hasil tes dan latihan. • Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya 12  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet Cd listening 3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman sesuai dengan konteks penggunaannya 4.7 Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa/pengalaman, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal Fungsi sosial Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb. Struktur text (1) Penyebutan nama orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan (2) Penyebutan sifat orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan bagiannya, dan (3) Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal. yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai. Unsur kebahasaan (1) Kata benda yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal (2) Kata sifat yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal (3) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi (4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan. (5) Rujukan kata Topik Keteladanan tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri. Mengamati • Siswa memperhatikan / menonton beberapa contoh teks/ film tentang penggambaran orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah. • Siswa menirukan contoh secara terbimbing. • Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks Menanya • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks deskripsi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia • Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks deskriptif Mengeksplorasi • Siswa secara kelompok membacakan teks deskriptif lain dari berbagai sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat • Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca/didengar. • Siswa menyunting teks deskripsi yang diberikan guru dari segi struktur dan kebahasaan • Berkelompok, siswa menggambarkan tempat wisata lain dalam konteks penyampaian informasi yang wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang dipelajari Mengasosiasi • Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan orang, tempat wisata, bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan. • Siswa mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi sosialnya. • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok. Mengomunikasikan • Berkelompok, siswa menyusun teks deskripsi tentang orang/ tempat wisata/ bangunan bersejarah sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya • Siswa menyunting deskripsi yang dibuat teman. • Siswa menyampaikan deskripsinya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading. • Siswa membuat kliping deskripsi tentang orang, tempat wisata atau bangunan bersejarah yang mereka sukai. • Siswa membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam menggambarkan tempat wisata dan bangunan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami. • Siswa dapat menggunakan ‘learning journal’ Kriteria penilaian: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teks deskriptif • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian KINERJA (praktik) • Melakukan monolog tentang deskripsi orang, tempat wisata, bangunan bersejarah terkenal didepan kelas / berpasangan • Ketepatan dan kesesuaian dalammenggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks deskriptif observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi • Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks deskriptif • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca Portofolio • Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks deskriptif. • Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks diskriptif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi • Kumpulan hasil tes dan latihan. • Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat • Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain 9  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet Cd listening 3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.8 Menyajikan teks naratif pendek dan sederhana terkait legenda rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks Teks tulis berbentuk announcement (pemberitahuan) Fungsi sosial Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa, kepala sekolah, dan staf administrasi Struktur Teks Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan runtut. Unsur kebahasaan Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi Multimedia: Layout, dekorasi, yang membuat tampilan teks lebih menarik Mengamati • Siswa mendengarkan/membaca teks announcement dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya. • Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan teks yang digunakan. • Siswa belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi khusus. Menanya Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai tekspemberitahuan dalam bahasa Inggris, perbedaan teks pemberitahuan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. • Mengeksplorasi • Siswa mencari teks lain untuk mendengarkan/membaca teks announcement dengan strategi yang digunakan dari berbagai sumber. • Siswa berlatih membaca teks announcement dengan strategi yang digunakan bersama teman • Siswa berlatih membuat teks announcement dalam kerja kelompok Mengasosiasi • Siswa menganalisis teks announcement dengan memperhatikan format penulisannya melalui strategi yang digunakan. • Siswa membandingkan teks announcement yang didengar/dibacakan dari guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain. • Secara berkelompok siswa mendiskusikan teks announcementyang mereka temukan dari sumber lain. • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok. Mengomunikasikan • Siswa menyampaikan pemberitahuan secara tertulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks • Membuat jurnal belajar (learning journal) Kriteria penilaian: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teksannouncement • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian Cara Penilaian KINERJA (praktik) • Melakukan monolog dalam bentuk pemberitahuan (announcement) didepan kelas • Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks pemberitahuan (announcement) observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • kesantunan saat melakukan tindakan komunikasi • perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cintadamai, dalam melaksanakan komunikasi • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca Portofolio • Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks pemberitahuan • Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks pemberitahuan berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi • Kumpulan hasil tes dan latihan. Penilaian Diri Bentuk: jurnal belajar 9  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet Cd listening 3.9 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja. 4.9 Menyusun teks khusus dalam bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs)lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks. Teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa. Fungsi sosial Meneladani, membanggakan, bertindak teratur, teliti dan disiplin, melaporkan. Struktur a. Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum b. Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut c. Jika perlu, ada kesimpulan umum. Unsur kebahasaan (1) Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan. (2) Penyebutan kata benda (3) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi (4) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan (5) Rujukan kata Topik Keteladanan tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab, disiplin. Mengamati • Siswa menyimak berbagai contoh teks recount tentang pengalaman/kegiatan/kejadianb/peristiwa yang diberikan/ diperdengarkan guru • Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya • Siswa belajar menentukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks recount Menanya • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai teks tentang pengalaman/kejadian/peristiwa yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,. • Siswa mempertanyakan mengenai gagasan pokok informasi rinci dan informasi tertentu dalam recount Mengeksplorasi • Siswa mencari beberapa text recount dari berbagai sumber. • Siswa berlatih menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks • Siswa membacakan teks recount kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat • Siswa berlatih menysun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi text recount. • Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman/kegiatan/ kejadian/peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut Mengasosiasi • Secara berpasangan siswa saling menganalisis teksrecounttulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan. • Siswa mendiskusikan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks. • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok. Mengomunikasikan • Siswa membuat teks recount sederhana tentang keteladanan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya. • Siswa mempresentasikannya di kelas • Siswa membuat kliping teks recount dengan menyalin dari beberapa sumber. • Siswa membuat jurnal belajar (learning journal) Kriteria penilaian: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teks recount • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian formatpenulisan/ penyampaian Cara Penilaian KINERJA (praktik) • Melakukan monolog dalam bentuk recount dalam kelompok / berpasangan/ didepan kelas • Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks recount observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • kesantunan saat melakukan tindakan • perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalammelaksanakan komunikasi • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca Portofolio • Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks recount. • Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks recount berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi • Kumpulan hasil tes dan latihan. • Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat • Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain • Siswa diberikan pelatihan sebelum dituntut untuk melaksanakannya. 12  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet Cd listening 3.10 Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya. 4.10 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana. Fungsi sosial Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain. Struktur a. Pengenalan tokoh dan setting b. Komplikasi terhadap tokoh utama c. Solusi dan akhir cerita Unsur kebahasaan (1) Kata-kata terkait karakter, watak, dan setting dalam legenda (2) Modal auxiliary verbs. (4) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi (5) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan (6) Rujukan kata Topik Keteladanan tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya. Mengamati • Siswa menyimak berbagai contoh teks legenda yang diberikan/ diperdengarkan guru • Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya • Siswa mengamati keteladanan dari cerita legenda • Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks legenda Menanya • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks naratif yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia. • Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu Mengeksplorasi • Siswa membaca beberapa text legenda dari berbagai sumber. • Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu • Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa teks legenda sederhana • Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks recount dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut • Siswa membacakan teks recount kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat Mengasosiasi • Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks legenda dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok. Mengomunikasikan • Siswa menyampaikan informasi fungsi social, struktur, dan unsur kebahasanyang ditemukan setelah membaca teks legenda. • Siswa menceritakan kembali teks legenda sederhana yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya. • Siswa membuat kliping teks legenda dengan menyalin dan beberapa sumber. • Siswa membuat ‘learning journal’ Kriteria penilaian: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian KINERJA (praktik) • Melakukan monolog dalam bentuk teks naratif dalam kelompok / berpasangan/ didepan kelas • Menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks naratif observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melakukan Komunikasi • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca Portofolio • Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks naratif • Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks naratif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi • Kumpulan hasil tes dan latihan. • Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain 9  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet Cd listening 3.11 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja. 4.11 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di dunia kerja. Petunjukarah (direction) Mengamati • Siswa mendengarkan/membaca pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya. • Siswa mencoba menirukan pengucapannyadan menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan. Menanya • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia. • Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang memaparkan jati diri Mengeksplorasi • Siswa mencari beberapa teks pemaparan jati diri dari berbagai sumber. • Siswa berlatih memaparkan jati diri dengan teman melalui simulasi. • Siswa berlatih memaparkan jati diri melalui tulisan Mengasosiasi • Siswa menganalisis ungkapan memaparkan jati diri dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan. • Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok. Mengomunikasikan • Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks • Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal). Kriteria penilaian: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teksmemaparkan dan menanyakan jati diri • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian KINERJA (praktik) • Melakukan monolog yang menyebutkan jati diri didepan kelas • Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan jati diri observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan Portofolio • Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa rekaman penggunaan ungkapan dan skrip percakapan • Kumpulan hasil tes dan latihan. • Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya. Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain 9  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet Cd listening 3.12 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia kerja. 4.12 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja. Memintainformasiterkaitkegiatan/tugas-tugasrutinsederhana (simple routine tasks) Mengamati • Siswa mendengarkan/menonton interaksi memuji bersayap. • Siswa mengikuti interaksi memuji bersayap. • Siswa menirukan model interaksi memuji bersayap • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi memuji bersayap (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan). Menanya Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan memuji bersayap dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb. Mengeksplorasi Siswa memuji bersayap dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. Mengasosiasi • Siswa membandingkan ungkapan memuji bersayap yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain. • Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa. Mengomunikasikan • Siswa memuji dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. • Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal). KRITERIA PENILAIAN: • Pencapaian fungsi sosial • Kelengkapan dan keruntutan struktur teksmemuji bersayap • Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan • Kesesuaian format penulisan/ penyampaian CARA PENILAIAN: KINERJA (praktik) • Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan pujian dan responsnya . • Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan pujian serta responnya observasi: Penilaian untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian: • Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pujian dan responsnya ketika muncul kesempatan. • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan. • Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan Komunikasi 9  Bahasa inggris kelas X SMA/MA/MAK kurikulum 2013  Geet along  English for SMK  LKS MgMp  Internet Cd listening Mengetahui Margasari juli 2017 Kepala Sekolah Guru Mata pelajaran Muhaimin S.Pd.MM.Pd Fatkhurrohman Fauzi,S.Pd NIP NIK. 2801360

No comments:

Post a Comment

laporan prakerin Pt denca wahana Industri

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN  B. ALASAN MEMILIH JUDUL Dalam penyusunan karya tulis ini penulis telah mengadakan kunjunga...