Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
3.2
Nama Sekolah : SMK Ma’arif Nu Margasari
Kompetensi Keahlian : TKR ( Teknik Kendaraan Ringan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tahun Pelajaran : 2017/ 2018
Kelas/Semester : XII/ 5
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan bahasa inggris setara level Intermediate
Kompetensi Dasar : Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
Alokasi Waktu : 24 X 45menit
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Ungkapan-ungkapan untuk membuat reservasi yang dilakukan oleh penutur asli ditanggapi dengan tepat
2. Ungkapan-ungkapan untuk mengajukan keluhan yang dilakukan oleh penutur asli ditanggapi dengan tepat.
3. Ungkapan-ungkapan untuk membuat kesepakatan (arrangementI) digunakan dengan tepat.
4. Ungkapan-ungkapan untuk memastikan dan membatalkan kesepakatan dilakukan dengan tepat.
5. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan keinginan atau situasi yang tidak nyata baik untuk masa depan, masa kini atau masa lampau (conditional sentences and subjunctive wish) digunakan dengan tepat.
6. Ungkapan-ungkapan yang dipakai dalam wawancara digunakan secara tepat
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran ini peserta didik dapat :
1. Mengidentifikasi berbagai informasi mengenai teknik/cara Reservation, Complaint, Arrangement and Cancellation
2. Mengidentifikasi fungsi komunikatif (social function) dari Reservation, Complaint, Arrangement and Cancellation
3. Mengidentifikasi pemahaman budaya dengan memahami makna contextual yang hendak dicapai.
4. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (socialization) cara Reservation, Complaint, Arrangement and Cancellation
5. Mengungkapkan Reservation, Complaint, Arrangement and Cancellation
II. Karakter Siswa yang Diharapkan
1. Disiplin (Discipline)
2. Tekun (Diligence)
3. Tanggung jawab (Responsibility)
4. Ketelitian (Carefulness)
5. Kerja sama (Cooperation)
6. Toleransi (Tolerance)
7. Percaya diri (Confidence)
8. Keberanian (Bravery)
III. Materi Pokok Pembelajaran
• Study some expressions in Reservation, Complaint, Arrangement and Cancellation:
• Percakapan di telepon tentang reservasi
- Can I book two rooms for Saturday night, please?
• Reservation forms
• Future tense
• Response to complaints
- I am very sorry, Sir
• Expressions dealing with arrangementt
- What about tonight?
- I’m sorry. I have got something to do tomorrow. What about Sunday?
IV. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Praktek
3. Diskusi
4. Role Play
5. Tanya jawab
V. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
No Kegiatan Pembelajaran Waktu
1
2
Kegiatan Pendahuluan
1. Salam
2. Presensi
3. Memberikan penjelasan tujuan dari materi yang akan dipelajari
4. Tanya – jawab mengenai mengenai materi yang sudah dipelajari maupun materi yang akan diajarkan.
5. Mengarahkan peserta didik pada situasi pembelajaran
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1. Peserta didik menggali informasi dari sumber belajar tentang expressions in Reservation and reservation forms secara individu
2. Setiap individu membuat percakapan
3. Masing-masing individu mempresentasikan percakapan yang telah disusun.
b. Elaborasi
1. Membiasakan peserta didik dalam membaca dan menulis melalui tugas-tugas
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan.
3. Memberikan kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memberikan tanggapan terhadap kelompok lain. 15 menit
65 menit
3
Kegiatan Penutup
1. Merangkum tentang hal-hal yang telah diajarkan guru.
2. Menanyakan pada siswa tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan hal-hal yang sudah dipelajari.
3. Memberikan tes penguasaan dengan memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru.
4. Salam 10 menit
Pertemuan ke-2
No Kegiatan Pembelajaran Waktu
1
2
Kegiatan Pendahuluan
1. Salam
2. Presensi
3. Memberikan penjelasan tujuan dari materi yang akan dipelajari
4. Tanya – jawab mengenai mengenai materi yang sudah dipelajari maupun materi yang akan diajarkan.
5. Mengarahkan peserta didik pada situasi pembelajaran
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1. Peserta didik menggali informasi dari sumber belajar tentang expressions in Complaint and response secara individu
2. Setiap individu membuat percakapan
3. Masing-masing individu mempresentasikan percakapan yang telah disusun.
b. Elaborasi
1. Membiasakan peserta didik dalam membaca dan menulis melalui tugas-tugas
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan.
3. Memberikan kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memberikan tanggapan terhadap kelompok lain. 15 menit
65 menit
3
Kegiatan Penutup
1. Merangkum tentang hal-hal yang telah diajarkan guru.
2. Menanyakan pada siswa tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan hal-hal yang sudah dipelajari.
3. Memberikan tes penguasaan dengan memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru.
4. Salam 10 menit
Pertemuan ke-3
No Kegiatan Pembelajaran Waktu
1
2
Kegiatan Pendahuluan
1. Salam
2. Presensi
3. Memberikan penjelasan tujuan dari materi yang akan dipelajari
4. Tanya – jawab mengenai mengenai materi yang sudah dipelajari maupun materi yang akan diajarkan.
5. Mengarahkan peserta didik pada situasi pembelajaran
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1. Peserta didik menggali informasi dari sumber belajar tentang expressions in Arrangement secara individu
2. Setiap individu membuat percakapan
3. Masing-masing individu mempresentasikan percakapan yang telah disusun.
b. Elaborasi
1. Membiasakan peserta didik dalam membaca dan menulis melalui tugas-tugas
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan.
3. Memberikan kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memberikan tanggapan terhadap kelompok lain. 15 menit
65 menit
3
Kegiatan Penutup
1. Merangkum tentang hal-hal yang telah diajarkan guru.
2. Menanyakan pada siswa tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan hal-hal yang sudah dipelajari.
3. Memberikan tes penguasaan dengan memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru.
4. Salam 10 menit
Pertemuan ke-4
No Kegiatan Pembelajaran Waktu
1
2
Kegiatan Pendahuluan
1. Salam
2. Presensi
3. Memberikan penjelasan tujuan dari materi yang akan dipelajari
4. Tanya – jawab mengenai mengenai materi yang sudah dipelajari maupun materi yang akan diajarkan.
5. Mengarahkan peserta didik pada situasi pembelajaran
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1. Peserta didik menggali informasi dari sumber belajar tentang expressions in Cancellation secara individu
2. Setiap individu membuat percakapan
3. Masing-masing individu mempresentasikan percakapan yang telah disusun.
b. Elaborasi
1. Membiasakan peserta didik dalam membaca dan menulis melalui tugas-tugas
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan.
3. Memberikan kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memberikan tanggapan terhadap kelompok lain. 15 menit
65 menit
3
Kegiatan Penutup
1. Merangkum tentang hal-hal yang telah diajarkan guru.
2. Menanyakan pada siswa tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan hal-hal yang sudah dipelajari.
3. Memberikan tes penguasaan dengan memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru.
4. Salam 10 menit
Pertemuan ke-5
No Kegiatan Pembelajaran Waktu
1
2
Kegiatan Pendahuluan
1. Salam
2. Presensi
3. Memberikan penjelasan tujuan dari materi yang akan dipelajari
4. Tanya – jawab mengenai mengenai materi yang sudah dipelajari maupun materi yang akan diajarkan.
5. Mengarahkan peserta didik pada situasi pembelajaran
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1. Peserta didik menggali informasi dari sumber belajar tentang Future tense secara individu
2. Setiap individu membuat kalimat berdasarkan tense yang sedang dipelajari
3. Masing-masing individu mempresentasikan kalimat yang telah disusun.
b. Elaborasi
1. Membiasakan peserta didik dalam membaca dan menulis melalui tugas-tugas
2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan.
3. Memberikan kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memberikan tanggapan terhadap kelompok lain. 15 menit
65 menit
3
Kegiatan Penutup
1. Merangkum tentang hal-hal yang telah diajarkan guru.
2. Menanyakan pada siswa tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan hal-hal yang sudah dipelajari.
3. Memberikan tes penguasaan dengan memperhatikan tugas terstruktur yang diberikan guru.
4. Salam 10 menit
VI. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Alat : Handbook, worksheet
2. Bahan : Kamus
3. Sumber Belajar :
• Modul Bahasa Inggris yang Relevan
• English Lesson for Intermediate Level – for Students of Vocational High school.
VII. Penilaian :
a. Tehnik Penilaian : tes lisan dan tes tertulis.
b. Bentuk Instrumen :
Pertanyaan tertulis (completion and matching), pertanyaan lisan, kuis, dan Performance Assessment atau bermain peran (role play).
c. Instrumen Penilaian Terlampir.
Margasari, Juli 2017
Mengetahui:
Kepala Guru Mata Pelajaran,
SMK Ma’arif Nu Margasari,
Muhaimin,S.Pd.MM.Pd Fatkhurrohman Fauzi, S.Pd
Lampiran I
MATERI PEMBELAJARAN
Activity 1
Study some expressions in Reservation, Complaint, Arrangement and Cancellation:
• Percakapan di telepon tentang reservasi
Can I book two rooms for Saturday night, please?
• Reservation forms
• Future tense
• Response to complaints
I am very sorry, Sir
• Expressions dealing with arrangementt
What about tonight?
I’m sorry. I have got something to do tomorrow. What about Sunday?
• Expressions dealing with confirmation and cancellation:
I’d like to confirm my flight to Singapore.
I regret to tell you that I have to cancel our appointmnet.
• Modals Auxiliary: WOULD
• Expressions dealing with unreal condition.
If you came, you would see him.
• Conditional Types 2 and 3
• Subjunctives with wish, if only, would rather.
• Answering typical questions asked in interviews
My name is....
I apply for this position because ...
I’m interested in working here because ...
Activity 2
Practice speaking with your partner based on the data bellow
HILTON HOTEL ORCHID HOTEL
Name of the guest Mr. Thompson Mr. and Mrs. Lampard Ms. Adelia Smith
Type of room Suite Twin room with shower Single room with bathroom
Rate of room $ 475 $ 350 $ 200
Length of stay 2 days
1st and 2nd of September 1 day
15th of July 5 days
From 19th to 23rd of August
Lampiran II
KISI-KISI SOAL
No Standar
Kompetensi Kompetensi
Dasar Materi
Pembela
jaran Indika
tor
Soal Ben
tuk
Soal No
Soal
1.
2.
Berkomunikasi dengan bahasa inggris setara level Intermediate Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
1. Pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam konteks kegiatan sehari-hari dipergakan dan dijawab dengan benar.
2. Pertanyaan dengan pola question words dalam konteks sehari-hari diperagakan dengan benar. Role play
Role play
Lampiran III
LEMBAR SOAL
Activity 3
Read the costumer carefully. There are six customers phone to change their arrangements. Tick the appropriate box and write down what each customers wants.
CUSTOMERS CANCEL BOOKING CHANGE TABLE CHANGE DAY CHANGE TIME CHANGE NUMBER OF PEOPLE
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Lampiran IV
PEDOMAN PENILAIAN
Listening
Grade Nilai Keterangan
Excellent
Very good
Good
Average
Bad
Very Bad 91- 100
81 – 90
71 – 80
61- 70
51 – 60
< 50
Memahami semua instruksi tanpa mengalami kesulitan sehingga dapat mengerjakan semua instruksi dengan cepat dan tepat.
Memahami hampir semua instruksi meski ada pengulangan pada bagaian tertentu tetapi dapat mengerjakan semua instruksi dengan benar walaupun agak lambat.
Memahami sebagian besar apa yang dikatakan / diinstruksikan bila instruksi agak diperlambat dan diulang sehingga lambat dalam melakukan apa yang diinstruksikan dan terkadang salah.
Susah mengikuti apa yang diinstruksikan tetapi masih banyak / ada instruksi yang dilakukan dengan benar.
Sangat susah melakukan apa yang diinstruksikan, hanya sebagian kecil saja yang dilakukan.
Tidak dapat melaksanakan apa yang diisntruksikan, meski satu instruksi saja.
Speaking
No
Student's Names Speaking Assessment Total
Score
(100)
Pronun-ciation
(20) Intonation & Stress
(20) Content
(20) Expressions & Gesture
(20) Fluency
(20)
1 13 11 12 18 14 68
2 15 17 18 14 16 80
3
4
5
a. Soal Tes Formatif
I. Read the dialog carefully and then answer the questions!
Receptionist : Good afternoon. Karunia Tours and Travel.
Mr Stevens : Hello, I need a one way ticket for two persons to Bangkok.
Receptionist : What kind of ticket do you want, Sir? Economy, business or first class?
Mr. Stevens : First class and I need it for tomorrow. Can I get the tickets?
Receptionist : yes, Sir. There’s a flight to Bangkok. You’ll fly on GIA. Your flight number is GIA 240. It leaves at 11.30 AM and arrives at 13.30 PM.
Mr. Stevens : How much is it all?
Receptionist : It’s $ 440. May I have the names, Sir?
Mr. Stevens : I’m Tim Stevens and the other one is for Jane Stevens.
Receptionist : All right, Sir. The tickets will be ready in less than an hour.
1. What kind of tickets does Mr. Stevens want?
2. Which is the most expensive tickets?
3. How long does it take to Bangkok by plane?
4. How much does each ticket cost?
5. Who will go to Bangkok?
II. Match the complaint on the left and the response on the right correctly
1. The servant was impolite
2. This steak is raw. I asked for it well done
3. I have been sitting here for 10 minutes and I haven’t got the menu yet.
4. The delivery was late
5. The goods you sent me was damaged a. We are sorry, Sir. We’ll check the items.
b. I’m really sorry. I’ll bring the menu soon.
c. I do apologize on his behalf.
d. We regret the delay, but it is due to circumstances beyond our control.
e. We do apologize. We’ll change it right away
III. Choose the suitable word below to complete the sentences correctly!
1. I’d like to …..my appointment with Dr. Green. I’ll be coming at 5 this afternoon.
2. I regret to tell you that I have to…….my reservation.
3. Do you want to…..the room for next week?
4. I’m sorry I can’t…..Tuesday. How about Thursday?
5. There’s no newspaper in my room. Can you…….it to my room immediately?
cancel confirm manage book deliver
IV. Put the verbs in bracket into the correct form!
1. The police (save) the man if they had come earlier.
2. If I knew the secret, I (tell) you.
3. I wish I (follow) my mother’s advice a week ago.
4. I wish he ( come) to my house today.
5. If my watch hadn’t been slow, I (not miss) the train
b. Kunci Jawaban
I. 1. One way tickets
2. First class ticket
3. Two hours
4. $ 220
5. Tim and Jane Stevens
II. 1. c 2. e 3. b 4. d 5.a
III. 1. confirm
2. cancel
3. book
4. manage
5. deliver
IV. 1. would have saved
2. would tell
3. had followed
4. came
5. wouldn’t have missed
c. Norma Penilaian
Nilai = Jumlah jawaban benar x 10
2
Monday, 9 October 2017
rpp bahasa inggris klas xii kurtilas rev 17
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
laporan prakerin Pt denca wahana Industri
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG PERUSAHAAN B. ALASAN MEMILIH JUDUL Dalam penyusunan karya tulis ini penulis telah mengadakan kunjunga...

No comments:
Post a Comment